Humas Jadi Lini Terdepan Komunikasikan Kebijakan Pemerintah

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) sangat bermanfaat untuk mengembangkan kinerja, serta mengkomunikasikan kebijakan yang dibuat pemerintah.

"Humas harus berada di lini terdepan dalam mengkomunikasikan sikap dan upaya-upaya pemerintah untuk memperbaiki kualitas nasional," kata Yuddy, Rabu (8/6). 

Yuddy mengatakan, kegiatan Bakohumas ini merupakan sarana untuk berbagi informasi tentang berbagai hal terkait kebijakan antara satu K/L dengan yang lainnya. 

"Diharapkan kita bisa memiliki informasi yang sama untuk dapat memberikan tanggapan, jawaban atau memperluas informasi soal kebijakan, misalnya saat ini mengenai rasionalisasi ASN. Kami, Kementerian PANRB memberikan panduan detil dari latar belakang adanya rancangan kebijakan tersebut, dan melalui forum ini dapat digali lebih dalam lagi," kata Yuddy. 

Menurut Yuddy, dalam konteks manajemen isu maka kebijakan-kebijakan yang menuai pro dan kontra di masyarakat harus dicounter, sehingga dapat menciptakan satu opini positif di masyarakat, dimana pemerintah terus melakukan upaya-upaya maksimal untuk kepentingan masyarakat luas. Namun, lanjutnya, yang lebih penting yaitu komitmen Humas untuk membela kepentingan kewibawaan, kebijakan, harkat dan martabat pemerintah. 

Lanjut Yuddy, pegawai humas haruslah orang-orang yang memiliki pengetahuan dan wawasan, serta kemampuan yang memadai. Pegawai Humas juga orang-orang yang harus 'melek' teknologi karena perkembangan jaman. 

"Semua stakeholder kehumasan harus mampu menampilkan wajah pemerintah yang kompatibel dan machting dengan jamannya sekarang. Kita harus gunakan cara-cara baru. Ke depan, pemerintahan berbasis elektronik menjadi model untuk pemerintahan ke depan," kata Yuddy. 

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika Hendri Subiakto menyadari bahwa peran Humas pemerintah masih memiliki banyak kelemahan. Menurutnya, Humas harus memiliki kewajiban untuk menjelaskan dan memberikan informasi yang cukup bagi masyarakat. 

"SDM di bidang humas sebenarnya sudah bagus tapi kita sering melakukan koordinasi yang kurang sehingga kurang efektif. Itulah yang harus kita perbaiki," kata Hendri. (p/ab)